15 oct. 2008

BIROKRASI

Paspor oh Paspor...
Indonesia kentel banget ma birokrasi ye?? di sekolah, di rumah, di kantor, di mana mana birokrasi berjaya!!!
Gw ga tau sejak kapan Kantor IMIGRASI Depok mulai beroperasi tapi yang gw tahu bikin paspor itu ribet, rumit, riweuh -artinya sama semua-

day one. gw mulai ngajuin permohonan paspor tanggal 28 september 2008, yang kebetulan adalah hari terakhir kerja sebelum libur idul fitri yang berlangsung sampai tanggal 6 Oktober. what a long vacation, huh?! Hari itu gw bawa formulir permohonan paspor yang udah gw isi dengan seksama beserta fotokopi ijasah, kartu keluarga n KTP. sesampainya di kantor tersebut, dengan entengnya gw masukin semua dokumen ke loket permohonan paspor. setelah diperiksa oleh petugas loket tersebut, ternyata ada beberapa dokumen yang kurang . which are : Kartu Keluarga ASELI, Ijasah ASELI, Akte lahir ASELI dan SURAT PENGANTAR/REKOMENDASI DARI INSTANSI TEMPAT KITA BERNAUNG. Dan berhubung gw masih berstatus mahasiswa, mereka minta surat pengantar dari kampus gw. Geez.. dari DEPOK ke BANDUNG kan jauh, pak dan akhirnya setelah gw rayu-rayu, mereka tetap aja minta surat tersebut. tak berdaya. gw pulang dengan muka sepet sambil bawa map kuning n berita kalo gw harus tunggu 9 hari untuk ngurusin semuanya lagi. dan berhubung jadwal kampus juga LIBUR akhirnya gw putuskan untuk tidak meminta surat pengantar tersebut...

day two. akhirnya tanggal 7 Oktober pun datang dan dengan nekat gw cuma bawa semua dokumen yang sebelumnya udah gw bawa ditambah dengan dokumen-dokumen ASELI tapi TANPA SURAT PENGANTAR. Dengan muka melas, gw bilang kalo kampus gw JAUH BANGET dan MASIH BELUM AKTIF KEGIATAN ADMINISTRASInya. Akhirnya setelah petugas loket 'ngobrol2' dengan orang dalam, mereka minta gw untuk bawa : SURAT NIKAH dan KTP ORANGTUA.. Aneh banget yah Jadi sebenernya fungsi Kartu Keluarga itu apa dong?? kok pake surat nikah ortu segala? emangnya sampeyan pikir kulo iku anak huaram?? eleuh eleuh.. AYA AYA WAEEE, JANG!!

day three. 8 Oktober 2008. Gw sampai di kantor IMIGRASI sekitar jam 10 WIB dengan membawa dokumen tambahan : SURAT NIKAH n KTP ORTU. akhirnya permohonan diterima dan setlah nunggu sekitar 5 menit, gw dapet slip untuk pengambilan foto n pembayaran yang dilaksanakan tanggal 10 Oktober. dan akhinrya pulanglah gw dengan senyum simpul di wajah hehehe...
day four. Gw sampai di kantor IMIGRASI pukul 9.30. setelah menyerahkan slip ke petugas loket, gw disuruh nunggu untuk photo session setelah nunggu sekitar 30 menit, gw dipanggil ke loket pembayaran. Rp. 270.000 untuk Paspor biasa 48 Hal. dan setelah menunggu 30 menit (again) akhirnya giliran muka gw diabadikan. Masuklah gw ke ruang BIOMETRIK dan WAWANCARA. Setelah sekali foto -yang hasilnya cupu abiesz- dan pengambilan sidik jari, petugas sibuk urus surat-surat dan beberapa tandatangan di sana sini -artis sehari- sambil ngobrol tentang laskar pelangi -this is what they call wawancara, quite fun-. So, my pasport will be ready by 14th october 2008.

today. besok gw harus datang lagi ke kantor IMIGRASI untuk ambil paspor gw. I'm quite EXCITED. setelah bolak balik berkali-kali akhirnya kesampaian juga tuh punya paspor. ahhh.. I've been waiting for this moment..

tomorrow. Siapa yg bisa tahu besok bakalan ada apa? hehehe..

today lagi. that's all for now.. semoga aja bisa nambah info buat yang berencana bikin paspor... or maybe ada yg punya pengalaman bikin paspor yang lebih rumit dari gw? ato lebih nyantai?? hohohohow.. let me know

*BISOUS*

Aucun commentaire: